It’s About How to Budget Your Money

Liburan singkat di Singapura
Siapa yang tak kenal Singapore, negara maju di kawasan Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini memiliki daya tarik tersendiri terutama para turis belanja. Pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Orchard road seolah surga bagi mereka. Tetapi bagi saya, berjalan kaki menyusuri jalan di Singapura dan menikmati suasana sore di Marina bay adalah alasan mengapa negara ini begitu ngangeni. Satu jam saja terbang dari Jakarta, membuat negara ini sering menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan akhir pekan.

Hah…Berakhir pekan di Singapura? kenapa tidak?

Bagi anda yang ingin sekedar mencoba pengalaman pertama ke luar negeri, Singapura bisa menjadi negara tujuan pertama anda. Sebuah maskapai low cost menyediakan penerbangan langsung ke Singapura melalui beberapa kota besar di Indonesia. Mengingat letak geografis yang dekat, memungkinkan bagi anda yang bekerja sebagai pegawai kantoran untuk liburan tanpa cuti (pilihlah saat libur long weekend). Bahkan Jika anda merencanakannya dengan baik mungkin liburan ada bisa sangat hemat dengan biaya tidak lebih dari 2 juta rupiah. Menarik bukan?

Liburan di Singapura Mahal…

Singapura memang mahal karena nilai tukar rupiah ke Singapura Dollar cukup tinggi dibandingkan dengan nilai tukar negara lain di Asia Tenggara ( 1 SGD = Rp. 9.611 (*www.klikbca.com)) Apa yang akan anda lakukan di Singapura lah yang menentukan berapa besar budget anda. Jika anda akan berkunjung ke Universal Studio jangan harap budget anda bisa kurang dari 2 juta rupiah, jika anda memilih makan di mall sudah pasti biaya makan anda akan sangat mahal.

Apabila anda mempersiapkan dengan baik bisa jadi cukup beruntung karena mendapatkan kamar hotel seharga Rp. 300.000,- per malam. Penginapan dormitory di Singapura cukup banyak dengan harga yang variatif, tinggal memilih sesuai dengan budget anda. Kisaran harga dormitory per malamnya 10 SGD. Tidak perlu khawatir memilih lokasi penginapan, kerena stasiun MRT yang disediakan oleh pemerintah Singapura menjangkau setiap kawasan.

Jika anda memiliki waktu sabtu minggu libur, ambilah cuti 1 hari di hari jumat atau senin dan pilihlah penerbangan pagi . Sesampainya di bandara anda bisa memillih MRT dan bisa jalan-jalan terlebih dulu ke pusat kota, tetapi pastikan dulu anda mengecek kembali lokasi hotel agar memiliki waktu yang cukup untuk check in tepat waktu.

Hari pertama setelah sampai di hotel dan beristirahat sejenak anda bisa memilih berjalan kaki dari hotel atau MRT untuk melihat-lihat Singapura dari dekat . Jika anda merasa lapar dan bingung mencari makanan anda bisa menuju ke kawasan Little India, ada tetapi jika tidak terlalu menyukai masakan india mungkin anda bisa menemukan KFC atau Mc Donals sebagai comfort food anda di sekitar Bugis Junction. Kuliner di Singapura? Pastinya adalah masakan ala India, China dan Melayu karena memang sebagian besar populasi penduduk di Singapura adalah orang India, Melayu dan Cina. Mumpung ada di kawasan Little India, tidak ada salahnya kalau anda mampir ke Mustafa Center, dengan budget yang terbatas anda bisa nyicil beli oleh-oleh. Toko yang super besar dan lengkap ini menyediakan berbagai macam kebutuhan, anda bisa menambah kebutuhan logistik seperti cemilan bahkan jika anda membutuhkan colokan listrik 3 kaki, anda bisa membelinya disini.

Hari Sabtu hari kedua di Singapura. Saat weekend biasanya suasana jalan di Singapura sedikit berbeda dan pusat kota menjadi lebih ramai. Selain penduduk local yang berakhir pekan, saya juga banyak menjumpai tenaga kerja Indonesia yang sedang menikmati liburan akhir pekan. Tidak heran letaknya yang cukup dekat dengan Indonesia membuat banyak orang Indonesia yang memilih Singapura menjadi tempat mengadu peruntungan.

Hari ini anda punya waktu seharian penuh untuk berkenalan dengan Singapura, anda bisa memilih Orchard Road, tidak ada yang special di kawasan ini selain mall mall nan super mewah dengan barang branded. Tapi berjalan kaki menyusuri orchard road cukup asik dan jangan lupa untuk mencicipi es krim uncle, itu lho es potong yang diapit roti tawar, tidak tertandingi rasanya. Jika anda berniat membeli souvenir, disini adalah tempatnya tetapi membeli di mall sudah pasti mahal, anda bisa pergi ke Lucky Plaza, dengan pilihan yang beragam dan harga miring dibandingkan dengan mall.

Jika sudah bosan dengan mall, mungkin anda dapat pergi melihat landmarknya Singapura dimana lagi kalau bukan Merlion dan Marina Bay. Bagi anda yang cukup kuat tidak ada salahnya berjalan kaki mengelilinginya. Berangkat esplanade melewati marina sand. Anda bisa masuk ke mall yang super wah ini atau duduk beristirahat didepannya sambil menikmati air menari didepannya. Setelahnya anda bisa melanjutkan berjalan kaki melewati One Furletton sebelum tiba di Merlion. Sesampainya di Merlion anda bisa selonjoran dan berfoto-foto. Setelah puas berfoto di depan merlion sekarang anda bisa menuju ke esplanade theatre melewati jembatan Jubilee . Jembatan Jubilee (Jubilee bridge)ini dibangun dalam rangka perayaan 50 tahun kemerdekaan Singapura dan dibuka untuk umum pada tanggal 29 maret 2015 . Di Esplande Theatre saat week end biasanya ada live music performance gratis dari musisi local sebagai pilihan menghabiskan malam minggu dan menunggu lampu-lampu menari dimainkan dari bangunan yang menyerupai kapal.

Hari ke 3 hari kepulangan, tidak banyak yang bisa anda lakukan. Jika pesawat anda berangkat agak siang makan anda bisa bangun pagi dan jogging di seputaran hotel sebelum mandi dan sarapan pagi. Pastikan malam harinya ada sudah berkemas ya, jadi tidak terburu-buru. Tentu saja anda harus tiba di bandara tepat waktu dan tidak mau ketinggalan pesawat kan..

Tetapi mau penerbangan jam berapa pun anda harus memperkirakan dengan baik perjalanan dari hotel ke bandara, toh jika kepagian dan menunggu lama di Changi saya rasa tidak masalah. Changi airport sangat luas dan berjalan-jalan mengelilingi bandara tidak membosankan kok, malahan anda harus memastikan gate dulu dan jangan berjalan terlalu jauh, siapa tahu saking asiknya melihat-lihat membuat anda lupa waktu dan harus berlarian menuju gate. Pasang alarm tidak ada salahnya.. . gak lucu juga sudah di bandara tetapi ketinggalan pesawat..iya kan

Jadi berapa besar sih pengeluaran yang harus kita keluarkan (3 hari 2 malam), estimasinya:

1. Penerbangan Yogyakarta Singapura pp (tiket promo) : Rp. 900.000,-

2. Hotel (promo) 2 malam (share twin room) : Rp. 300.000,-

3. Lokal Transport (estimasi 20 SGD/2 hari) : Rp. 180.000,-

4. Makan ( estimasi 50SGD/ 2hari : Rp. 450.000,-

Total : Rp. 1.830.000,-

Tidak semahal yang anda bayangkan bukan? Dengan memilih cara traveling yang cerdas, anda bisa menikmati liburan tanpa takut over budget. Yang penting harus pintar mencari waktu liburan, hotel promo dan tiket promo ya… oiya untuk souvenir tidak dimasukkan ke budget ya, info aja harga gantungan kunci SGD 10 dapat 5 lumayan untuk oleh-oleh. 

Smart traveller happy traveller

#savemoneyforpleasure

@fDianPSari

Marina Bay, Singapore

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s